Contoh Surat Pembaca Yang Baik Dan Benar

Apakah anda pernah mendengar mengenai surat pembaca sebelum nya ? Surat pembaca merupakan surat yang disampaikan oleh pembaca yang biasa nya dimuat melalui majalah, koran, atau media cetak lain nya. Surat pembaca ini di dalam nya berisi pertanyaan – pertanyaan dari para pembaca ( masyarakat ) atau juga keluhan – keluhan yang ingin disampaikan oleh pihak masyarakat kepada pihak tertentu. Surat ini tidak memiliki batasan, siapa saja dapat menulis nya dan mengirimkan nya kepada media cetak sebab tujuan dari surat pembaca adalah untuk menyalurkan aspirasi dari masyarakat. 

Meskipun tidak ada batasan – batasan yang diterapkan dalam penulisan surat pembaca, namun biasa nya surat tersebut akan disunting dan dipilah terlebih dahulu sebelum dimuat. Hal ini dilakukan untuk menghindari resiko penuntutan dari salah satu pihak dan yang dipublikasikan hanyalah surat pembaca yang kalimat nya sopan. Identitas dari sang penulis pun biasa nya akan disamarkan, demi keamanan dan kenyamanan sang pengirim dan juga pembaca. Berikut adalah beberapa contoh surat pembaca : 


Contoh Surat Pembaca I 


Grand Sari City Ingkar Janji 

Pada Januari 2014, saya membeli rumah di cluster Newhits melalui KPR BRI dan dijanjikan rumah akan selesai pada April 2015. Namun, sampai saat ini rumah tersebut belum selesai dibangun karena pembangunan terhenti pada juli 2014 sampai desember 2014 tanpa ada penjelasan dari pengembang. 

Keterangan sementara yang saya peroleh, pembangunan akan dilanjutkan secara bertahap. Lima rumah selsesai kemudian dilanjutkan dengan lima rumah berikutnya. Dan saya belum mendapat kejelasan kapan rumah saya akan selsesai dibangun. Keterangan yang diberikan oleh pegembang mengatakan bahwa rumah saya akan selesai pada Desember 2015. Namun saya kurang yakin dengan hal tersebut, melihat jadwal yng kian mundur. 

Mohon kepada pihak pengembang jangan mengeruk keuntungan dari konsumen terlebih konsumen yang telah membayar lunas di awal. Mohon untuk menjalankan kesepakatan di awal. Kepada pihak BRI Sari City mohon agar lebih selektif dalam memberikan dukungan kerjasama kepada pengembang-pengembang yang tidak bertanggung jawab dan ikut membangun mekanisme kontrol kepada pengembang agar kejadian serupa tidak terulang. 


Mr. R

08976543xxx 


Contoh Surat Pembaca II 

Pemenang Hut Fokus.net 


Pada minggu tanggal 23 April 2015 lalu Fokus.net mengadakan ajang berhadiah Honda Jazz guna memperingati kesusksesan fokus.net yang ke 27-Tahun. Undian yang diadakan cukup dengan mengirimkan poin yang telah terkumpul saat berbelanja di foku.net. periode pengumpulan poin berlangsung pada 23 Mei 2014 sampai 23 April 2015. Pemenang ditentukan berdasarkan poin yang terkumpul. Poin terbanyak dinyatakan sebagai pemenangnya. 

Dan kami ucapkan selamat kepada Bapak Nookhoiru Selamet Riyadi (42 Tahun) yang beralamat di Jl. Sunter no. 134 Penengahan Lampung Selatan yang telah mengumpulkan poin terbanyak dan berhak mendapatkan Honda Jazz dari Fokus.net. Hadiah telah dikirimkan ke alamat yang bersangkutan. 


Fokus.net 

Contoh Surat Pembaca III 


APAKAH KISTA DAPAT TUMBUH LAGI??? 


Dear dokter Boyke, Saya Mrs. R (24 Tahun) telah menikah hampir dua tahun. Tiga bulan setelah menikah saya hamil, adalah kabar yang sangat membahagiakan bagi kami. Namun di bulan ketiga kehamilan, kami harus kehilangan buah hati yang sangat kami nantikan kelahirannya. Setelah kejadiann itu (abortus) suami saya menyarankan agar saya mengurangi kegiatan. Dan akhirnya saya memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga. Selang tujuh bulan dari kehamilan pertama saya tak kunjung hamil. Akhirnya kami berkonsultasi ke dokter kandungan. Dan kabar mengaggetkan ternyata saya mempunyai kista di rahim yang tebalnya hampir 1cm. Kista tersebut telah menutupi indung telur, sehingga saya sulit hamil. Begitu yang dijelaskan dokter kandungan yang saya temui. Saya menjalani operasi pengangkatan kista dari rahim, selang sebulan berikutnya alhamdulillah saya hami lagi. Kami sanat berbahagia, terutama saya. Karena saya takut akibat kista saya tidak dapat memiliki anak. Belajar dari pengalaman kehamilan pertama, saya sangat menjaga janin di kehamilan kedua ini. Meski demikian, saya kerap mengalami keputihan dan bercak-bercak. Saya amat khawatir dan menanyakannya kepada dokter kandungan langganan saya. Kehamilan saya kini sudah berumur tiga bulan. Namun, lagi-lagi saya harus kehilangan janin yang kami harapkan di kehamilan bulan ketiga. Minggu lalu saya baru saja mengalami keguguran [lagi]. Saya sangat sedih namun memiliki suami yang menguatkan saya saya dapat kuat lagi. Yang ingin saya tanyakan dok, apakah kista dapat tumbuh lagi setelah diangkat???? Saya mengalami keguguran untuk kedua kalinya namun dikehamilan kedua ini tak pernah ada catatan yang mengkhawatirnya, tentu ini sangat mengejutkan bagi saya. Apakah kira-kira yang menyebabkan keguguran di kehamilan kedua saya dok??? Mohon jawabannya. Terima kasih. 



Mrs. R 

Banyuwangi 




Demikian beberapa contoh pembuatan surat pembaca yang baik dan benar. Ternyata pembuatan nya tidak terlalu sulit bukan ? Anda dapat menggunakan beberapa contoh surat - surat di atas sebagai panduan, atau anda juga dapat mengedit ulang surat tersebut dan mengganti bagian – bagian tertentu sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat !
Related Posts