Contoh Surat Pernyataan Penjaminan Keluarga Karyawan Yang Baik dan Benar

Pernahkah Anda mendengar mengenai surat pernyataan Penjaminan keluarga karyawan? Surat ini merupakan surat yang digunakan oleh pihak perusahaan pembiayaan untuk mengikat serta menjamin diri karyawan tersebut terhadap apa yang ditasnya kepada perusahaan. Ini menjadi salah satu contoh yang dapat digunakan nantinya untuk acuan dalam membuat suatu pernyataan ataupun perjanjian yang memiliki kaitan dengan karyawan.

Di dalam surat ini, berisi data diri dari karyawan, data diri dari pihak Penjamin misal istri atau suami atau keluarga, dan juga beberapa pasal pasal perjanjian yang sesuai dan juga telah disepakati bersama antara masing masing pihak.

Membuat surat pernyataan Penjaminan keluarga karyawan memang sedikit rumit, karena berkaitan dengan perjanjian perjanjian yang sifatnya mengikat. Namun, dengan melihat contoh yang ada di bawah ini Anda dapat memahami bagaimana cara membuat surat pernyataan Penjaminan keluarga karyawan yang baik dan benar sebagai acuan Anda.

Berikut adalah contoh surat pernyataan penjamin keluarga karyawan yang baik dan benar sebagai referensi Anda:


Contoh Surat Pernyataan Penjaminan Keluarga Karyawan Yang Baik dan Benar I



SURAT PERNYATAAN PENJAMINAN
  

  

Yang bertanda tangan dibawah ini :
  
Nama: ……………………………………………………………………………….. Pekerjaan : ……………………………………………………………………………
Alamat : ………………………………………………………………………….......
No. KTP/SIM : ………………………………………………………………………
 
Yang dalam melakukan tindakan hukum ini telah mendapat persetujuan dari suami/isterinya yang turut hadir dan menanda-tangani Surat Pernyataan Penjaminan ini sebagai tanda persetujuannya.
 
Nama: ……………………………………………………………………………….. Pekerjaan : ……………………………………………………………………………
Alamat : ………………………………………………………………………….......
No. KTP/SIM : ………………………………………………………………………
(selanjutnya disebut ORANG TUA)
 
Secara bersama-sama bertindak selaku pribadi dan selaku orang tua dari seorang pria/wanita sebagaimana tersebut dibawah ini :
 
Nama: ……………………………………………………………………………….. Pekerjaan : ……………………………………………………………………………
Alamat : ………………………………………………………………………….......
No. KTP/SIM : ………………………………………………………………………

(selanjutnya disebut ANAK)
  

Dengan ini menerangkan dan menyatakan terlebih dahulu hal-hal sebagai berikut :
  1. Bahwa sesuai Surat Perjanjian Kerja tertanggal ……………………………. No: ….………………………….. oleh dan antara “Anak” dan PT. Multifinance (“Finance/Perusahaan”). “Perusahaan” secara resmi telah menerima “Anak” sebagai pegawainya.
  2. Bahwa dengan telah ditandatanganinya Surat Perjanjian Kerja oleh dan antara “Anak” dengan “Perusahaan”, “Anak” terikat, tunduk, patuh serta taat terhadap segala aturan-aturan, ketentuan-ketentuan dan/atau persyaratan-persyaratan Perusahaan.
  3. Bahwa sebagaimana ketentuan internal “Perusahaan” dalam penerimaan pegawai, khususnya bidang: Account Officer/Surveyor/Remedial dipersyaratkan adanya barang jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor roda 2 (dua) (“Barang Jaminan”).
  4. Bahwa maksud dipersyaratkannya “Barang Jaminan” tersebut adalah sebagai upaya menghindarkan Perusahaan dari segala jenis kerugian yang mungkin timbul sebagai akibat dari kelalaian, kecerobohan, ketidakjujuran, kecurangan, penipuan, penggelapan dan/atau perkara-perkara lain yang dilakukan pegawai yang menimbulkan kerugian material.
  5. Bahwa sehubungan dengan hal tersebut diatas, Orang Tua menyatakan bahwa pada saat ini “Anak” tidak mempunyai/memiliki “Barang Jaminan” sebagaimana dipersyaratkan.
  6. Bahwa sehubungan tidak dimilikinya “Barang Jaminan” sebagaimana dipersyaratkan, “Orang Tua” menyatakan berkehendak menjadi penjamin bagi “Anak”. “Orang Tua” bersedia menanggung segala bentuk kerugian yang mungkin timbul dikemudian hari yang dialami “Perusahaan” sebagai akibat dari “Anak” dalam bekerja melakukan kelalaian, kecerobohan, ketidakjujuran, kecurangan, penipuan, penggelapan dan/atau perkara-perkara lain sebagai akibat dari pekerjaannya yang menimbulkan kerugian material.
  7. Bahwa “Orang Tua” menerangkan didalam Pernyataan Penjaminan (“Pernyataan”) ini, dengan tidak dapat ditarik kembali dan tanpa syarat, mengikat dirinya sendiri sebagai Penjamin dari “Anak”, yang timbul karena Surat Perjanjian Kerja dengan Perusahaan. Karena itu pula “Orang Tua” mengikat dirinya sendiri dengan segenap harta bendanya untuk bertanggung jawab sepenuhnya untuk membayar seluruh kewajiban “Anak” terhadap “Perusahaan” yang timbul sebagai akibat dari dari “Anak” dalam bekerja melakukan kelalaian, kecerobohan, ketidakjujuran, kecurangan, penipuan, penggelapan dan/atau perkara-perkara lain sebagai akibat dari pekerjaannya yang menimbulkan kerugian material, sebagai kewajiban/tanggung jawab Orang Tua.
  8. Pernyataan jaminan yang termuat dalam “Pernyataan” ini tetap berlaku dan mengikat selama “Anak” masih terikat dan menjadi pegawai pada “Perusahaan”, atau mengundurkan diri dan/atau diberhentikan dengan tidak hormat karena melakukan kelalaian, kecerobohan, ketidakjujuran, kecurangan, penipuan, penggelapan dan/atau perkara-perkara lain sebagai akibat dari pekerjaannya yang menimbulkan kerugian material pada “Perusahaan” akan tetapi “Anak”, “Orang Tua” belum memenuhi kewajibannya sebagaimana dinyatakan dalam “Pernyataan” ini.
Demikian Surat Pernyataan ini, dibuat dalam keadaan sadar, tanpa paksaan dan tekanan pihak manapun. Tentang pernyataan ini dan segala akibat hukumnya, kami pembuat pernyataan memilih tempat kedudukan hukum (domisili) yang umum dan tetap di Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri …………………….. di ………………………


Dibuat dan ditandatangani di ……………………,
pada tanggal …..………………………


 
Yang menyatakan/ Disetujui,
Penjamin Suami/Isteri PT. Finance   



                   materai
  
  
(………………………….……) (………………………………) (…………………………….…)







Itulah contoh surat pernyataan penjamin keluarga karyawan yang baik dan benar sebagai bahan referensi ataupun panduan untuk Anda. Anda dapat membuat surat pernyataan penjamin keluarga karyawan ini sesuai contoh yang di atas, atau mengganti beberapa format format tertentu sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga Anda tidak perlu repot repot untuk mengetik ulang surat keputusan tersebut.

0 Response to "Contoh Surat Pernyataan Penjaminan Keluarga Karyawan Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar