Contoh Surat Bisnis Yang Baik dan Benar

Apakah Anda pernah mendengar mengenai surat bisnis sebelumnya? Surat bisnis merupakan salah satu surat yang tujuan pembuatan nya untuk menjadi bukti transaksi, penjualan barang, perjanjian, ataupun alasan yang berkaitan dengan bisnis antara dua atau lebih dari dua Instansi yang saling berbisnis.

Surat bisnis ini merupakan surat yang termasuk dalam jenis resmi dan juga memiliki kekuatan hukum di dalamnya. Surat bisnis ini pada dasarnya dibuat dengan tujuan untuk melakukan perjanjian kerjasama, bukti pengiriman barang, undangan penyelenggaraan acara, undangan rapat, ataupun berbagai kepentingan lainnya.

Surat bisnis ini sendiri bentuknya hampir sama dengan surat resmi yang ada pada umumnya, yaitu memiliki kop surat, isi surat, dan juga kaki surat. Bahasa yang digunakan dalam membuat surat bisnis ini juga merupakan bahasa yang baku dan sesuai dengan kamus besar bahasa Indonesia. Formatnya pun juga sesuai dengan format surat resmi yang ada.

Berikut adalah beberapa jenis surat bisnis yang baik dan benar yang dapat Anda jadikan bahan referensi untuk Anda:




Contoh Surat Bisnis Yang Baik dan Benar I 


Bekasi, 23 Agustus 2016 

Yth. Bapak-Ibu Ka. Personalia 

PT. Bulo Muio
Gd Merdeka Raya Lt. 13
Jl. Ir. Juanda 2 No 18
Jakarta

Dengan hormat, 

Saya yang bertandatangan dibawah ini:
nama : Dimas Ardian
umur : 24 tahun
pendidikan : S1 Sastra Inggris
alamat : Jl. Pasak 4 No 8 Menteng Jakarta 
no. HP : 08986648186
email : jillboi111@gmail.com
bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di tempat yang Bapak/Ibu pimpin.

Ketertarikan saya terdorong karena saya memiliki semangat belajar tinggi untuk mempelajari hal-hal baru dan berkembang, dapat bekerjasama dalam team serta terbiasa bekerja dibawah tekanan / deadline. Saya merasa senang jika diberi kesempatan untuk membuktikan kemampuan saya dalam bekerja di PT. Bulo Muio. Sebagai pelengkap persyaratan bersama ini saya lampirkan:
1. Curriculum Vitae
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi Surat Keterangan Lulus
4. Fotokopi transkip nilai
5. Pas foto terbaru

Besar harapan saya agar Bapak-Ibu dapat mengabulkan permohonan ini. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya, 



Dimas Ardian 


Contoh Surat Bisnis Yang Baik dan Benar II 

Jakarta, 23 Januari 2011 


Kepada Yth,
PT. Jalak Raya
Jl. Nusa Dua 17A
Cibubur

No. : 032/PNWRN/2011
Hal : Penawaran barang
Lamp. : 1 berkas

Dengan hormat,

Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Senandung Pelangi, dengan alamat di Jl. HOS Cokroaminoto Selatan V Jakarta. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang distributor kosmetik dan telah bekerja sama dengan berbagai toko serta perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik.

Oleh karena itu, sesuai informasi yang kami peroleh, PT Jalak Raya adalah perusahaan yang menjual berbagai produk kosmetik yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan kosmetik dengan harga yang bersaing, murah dan terjangkau.

Sehubungan dengan hal itu, kami mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok kosmetik untuk perusahaan dan toko-toko yang Bapak/Ibu kelola. Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan dikedua belah pihak.

Sebagai bahan perbandingan, silahkan Bapak/Ibu lihat dilampiran yang berisikan daftar harga produk kosmetik yang kami sediakan. Jika perusahaan Bapak/Ibu berminat, kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
PT. Senandung Pelangi


Wawan Setyawan
Manager Pemasaran







Itulah beberapa contoh surat bisnis yang dapat Anda gunakan sebagai acuan untuk membuat surat bisnis versi Anda sendiri. Surat bisnis ini dapat Anda ubah formatnya sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga Anda dapat lebih mudah dalam melakukan pembuatanya. Dengan adanya contoh tersebut, diharapkan Anda dapat terbantu ketika ingin membuat surat bisnis.

0 Response to "Contoh Surat Bisnis Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar