Contoh Surat Pengantar Proposal yang Baik dan Benar

Biasa nya perusahaan, Instansi pemerintahan, organisasi, ataupun lembaga ketika ingin mengadakan suatu kegiatan maka pihak pihak yang bertanggung jawab sebagai panitia dari kegiatan yang akan dilakukan akan membutuhkan dana ataupun membutuhkan ijin. Biasanya, banyak panitia dalam kegiatan kegiatan tertentu menggunakan surat untuk meminta ijin ataupun bantuan dana kepada pihak pihak yang ditunjuk. Surat ini biasanya disertai dengan proposalq yang didalamnya berisi uraian kegiatan yang akan dilakukan.

Surat ini dinamakan surat pengantar Proposal. Surat pengantar Proposal sangat penting untuk diberikan karena akan menjelaskan mengenai garis besar dari si Proposal yang dibuat. Surat ini juga bisa digunakan untuk meminta permohonan atas kerjasama, meminta sponsor, ataupun berbagai kepentingan lainnya. Dari sini dapat disimpulkan bahwa surat pengantar Proposal ini sangat penting untuk dibuat kaitannya dengan beberapa kegiatan kegiatan yang membutuhkan persetujuan persetujuan dari pihak pihak terkait dan untuk meresmikan acara yang hendak dilakukan.

Berikut adalah beberapa contoh surat pengantar proposal yang baik dan benar sebagai bahan referensi Anda.

Contoh Surat Pengantar Proposal yang Baik dan Benar I


KARANG TARUNA WARGA RW O5
KELURAHAN MELODI INDAH KECAMATAN MUSIK KALER
KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT
Sekretariat. Jl.  Ungu Delima No. 3  Telp. 022 332769 Mobile. 09762467925

Bandung, 22 Mei 2018

No  : 013/KK/SPM/08/2018
Lampiran  : 1 berkas proposal kegiatan
Hal  : Permohonan Bantuan

Kepada Yth.
PT. Giok Komunika Indonesia
Jalan Ungu Delima Raya Km. 7
Bandung
Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke- 71, kami selaku pemuda – pemudi RW 05 Kelurahan Melodi Indah Kecamatan Musik Kaler yang tergabung ke dalam organisasi kepemudaan bernama Karang Taruna, akan mengadakan acara pentas seni yang akan diselenggarakan pada :
Hari/Tanggal
:
Sabtu/17 Agustus 2018
Waktu
:
08.00 – Selesai
Tempat
:
Lapangan Serbaguna RW 05 Kelurahan Melodi Indah
Sehubungan dengan kegiatan yang akan kami selenggarakan tersebut, maka untuk memperlancar kegiatan yang akan kami selenggarakan tersebut, kami memohon partisipasi dari  Bapak/ Ibu dengan memberikan bantuan berupa dana untuk memperlancar keberlangsungan acara kegiatan acara pentas seni yang akan kami selenggarakan ini.
Demikian surat permohonan ini kami buat, atas partisipasi dan bantuan Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua Karang Taruna,

Joko Susilo.

 Contoh Surat Pengantar Proposal yang Baik dan Benar II


KEMENTRIAN RISET DAN TEKNOLOGI
DEPARTEMEN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925

Bandung, 22 Mei 2018

No  : 013/PTSAB/SPD/VIII/2018
Hal  : Permohonan Sponsorship
Lampiran : 1 Berkas Proposal Rencana Penelitian

Kepada Yth,
Direktur PT. ADA Technology
Jalan Jeruk 3 No. 1A Bandung

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya krisis energi pada beberapa tahun belakangan di negeri kita ini, maka kami selaku peneliti di Departemen Penelitian dan Pengembangan Teknologi akan melakukan kegiatan penelitian tentang pengembangan teknologi kimia atom sebagai pengganti energi alternatif, yang akan dimulai pada bulan November 2018.
Maka melalui surat ini kami mengharapkan adanya sponsorship dalam bentuk bantuan dana ataupun akomodasi untuk jalannya penelitian dari perusahaan Bapak/ Ibu untuk kami agar dapat melakukan kegiatan penelitian tersebut dengan lancar. Sebagai bagan pertimbangan, kami lampirkan berkas proposal rencana penelitian.
Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan dukungan Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Departemen Penelitian
dan Pengembangan Teknologi,

Joko Susilo.

 Contoh Surat Pengantar Proposal yang Baik dan Benar III


DEWAN KELUARGA MASJID (DKM) NURUL IMAN
Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925

Bandung, 22 Mei 2018

Nomor  : 005/Pan-BS/DKMNI/VIII/2018
Lampiran  : 1 ( satu ) berkas proposal
Perihal  : Pembangunan Mesjid

Kepada Yth,
CV. Makmur Abadi Jaya
Jalan Raya Wangi The Melati No. 110 Bandung
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat hingga saat ini. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang setia hingga akhir zaman. Teriring doa semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.
Dalam rangka adanya pembangunan perluasan Mesjid Nurul Iman, Kami selaku Panitia Pembangunan Mesjid Nurul Iman dengan segala kerendahan hati bermaksud untuk menyampaikan proposal permohonan Infaq/ shadaqah/jariyah untuk dana pembangunan mesjid tersebut kepada Bapak/Ibu/Kaum Muslimin dan Muslimat, dengan satu keyakinan, permohonan kami kiranya akan mendapat respon dan realisasi bantuan, baik dalam bentuk finansial maupun material.
Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut ini kami sampaikan latar belakang masalah, dasar pemikiran, maksud dan tujuan, Susunan Panitia Pembangunan, luas tanah dan statusnya, luas, Konstruksi dan bentuk bangunan, jumlah rencana anggaran biaya yang dibutuhkan, sumber dana pembangunan, proses dan teknis kegiatan pelaksanaan pembangunan, catatan penting dan diakhiri oleh penutup serta lampiran-lampiran.
Demikian surat permohonan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan partisipasi Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Hormat Kami,

Joko Susilo.




Demikian beberapa contoh surat pengantar proposal yang baik dan benar. Anda dapat menggunakan beberapa contoh surat di atas sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mengganti format format yang ada. Ada juga bisa menggunakannya sebagai salah satu bahan acuan dan membuat surat pengantar proposal sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat mencoba !

Related Posts