Contoh Surat Niaga Yang Baik dan Benar

Dalam rangka memperlancar kegiatan dagang ataupun kerjasama, maka komunikasi antara satu pihak dan pihak lain sangat dibutuhkan secara intens. Salah satu cara komunikasi adalah dengan menggunakan surat. Walaupun surat sudah jarang digunakan, namun beberapa perusahaan masih banyak menggunakan surat sebagai media untuk menyampaikan informasi informasi tertentu.

Kali ini akan dibahas adalah surat niaga. Suratnya Aga memiliki manfaat dan juga jenis yang berbeda antara satu dengan lainnya. Suratnya ke ini dapat digunakan untuk memperlancar kerja sama, baik dalam penjualan ataupun pembelian produk serta jasa diantara urusannya satu dengan perusahaan lain.

Jika Anda merupakan salah satu pegawai ataupun pekerja yang bekerja pada perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa ataupun produk tertentu, maka surat jaga sudah tidak asing lagi untuk Anda sebagai salah satu media surat menyurat dalam perusahaan.

Namun jika Anda masih merasa awam dan bingung bagaimana bentuk surat niaga yang tepat, berikut adalah beberapa contoh surat niaga yang baik dan benar.



Contoh Surat Niaga Yang Baik dan Benar I



CV. MAJU MUNDUR
Jl. Diponegoro No. 123
Jakarta
Jakarta, 13 Maret 2018

Nomor : 45/IM/IV/2018
Hal : Penangguhan Pembayaran

Kepada
PT Developer Sofware
Jl. Buntu No. 202
Jakarta Pusat
Dengan hormat,
Membalas surat Saudara Nomor: 203/EM/V/2018 tertanggal 10 Maret 2018 perihal penagihan pembayaran telah kami terima dengan penuh perhatian.
Setelah membaca surat tersebut, dengan sangat menyesal kami beritahukan bahwa kami belum dapat melunasi pembayaran untuk faktur Nomor: 210/EM/IV/2018 sebesar Rp 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) atas pembelian barang-barang elektronik.
Hal ini disebabkan bangunan yang sedang dibuat dibobol banjir, sehingga mengalami kerugian total sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah).
Sehubungan dengan ini kami mohon maaf dan pengertian Saudara agar dapat menangguhkan pembayaran tersebut sampai 2 (dua) bulan mendatang. Kami berharap Saudara bersedia menyetujui permohonan ini.
Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Maju Mundur,

Anton Kurniawan

Contoh Surat Niaga Yang Baik dan Benar II



PT ABADI SELALU
Jl. Pangeran Diponegoro No. 23
JAKARTA SELATAN

Jakarta, 13 Maret 2018

Nomer : 11/12/XII/2018
Hal : Penawaran Barang
Lamp : 1 lembar brosur AP/DG

Kepada
Manager PT Surya Jaya
Jl. Pattimura No. 3
Bandung
Dengan hormat,
Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara sekarang sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan sesuai dengan masa kini.
Dalam kesempatan yang baik ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Kami meyakini jika Anda memakai produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, maka pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.
Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 September 2016. Garansi dari produk kami adalah 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 40 % dari harga total dan cicilannya dapat diangsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.
Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memesan produk kami, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. Abadi Selalu,

Budi Kurniawan

 Contoh Surat Niaga Yang Baik dan Benar III



TEKNIK ENJINER
PERBAIKAN, PEMASANGAN DAN PERAWATAN
Jl. Siti Fatimah Sesela Gunung Sari
Padang

Padang, 13 Maret 2018

No : I/II/2/2017
Hal : Penawaran Jasa Service

Kepada Yth,
Bapak Jamal Kasali
Manajer Hotel Lilisari
Riau
Dengan hormat,
Bersama dengan proposal ini, kami menawarkan kerjasama untuk service dan maintenance AC di tempat yang Bapak/ibu pimpin, baik untuk pemasangan AC baru, yang sudah ada maupun pencucian (steam AC). Pihak kami menyediakan seluruh peralatan dan technical support yang dibutuhkan. Dan kami akan memberitahukan laporan periodic setiap bulan kepada pihak Building Management Anda.
Adapun keuntungan dengan adanya kerja sama service dan tmaintenance ini adalah Gedung perkantoran Anda akan terasa lebih nyaman karna kondisi ruangan yang diatur oleh AC yang terawat secara profesional. Hemat Energi bisa didapat jika pencucian / steam AC dilakukan secara berkala dikarnakan kotoran yang menghambat laju udara akan memperlama proses pendinginan udara diruangan Anda sehingga mesin harus bekerja exstra. Mesin AC awet dan tahan lama pada gedung perkantoran Anda pastinya menjadi salah satu keinginan.
Berikut ini adalah perincian dari biaya pemasangan dan perawatan AC secara berkala :
NO
JENIS PEKERJAAN
PK
HARGA
1
Cleaning AC SPLIT
0,5 – 1
Rp. 85.000
2
Cleaning AC SPLIT
1,5 – 2,5
Rp. 100.000
3
Tambah preon AC
Per PK
Rp. 125.000
4
Isi preon AC dari 0
Per PK
Rp. 165.000
5
Biaya perbaikan
Tergantung kerusakan
6
Biaya pasang AC SPLIT
0,5 – 1
Rp. 175.000
7
Biaya pasang AC SPLIT
1,5 – 2,5
Rp. 225.000
Demikian Proposal Penawaran Perbaikan dan Perawatan AC (Air Conditioner) ini kami buat, atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Teknik Enjiner,

Budi Kurniawan





Itulah beberapa contoh surat niaga yang baik dan benar sebagai salah satu bahan referensi untuk Anda. Dari manfaatnya, dapat diketahui bahwa suratnya gue ini memiliki manfaat yang terbilang sangat besar. Suratnya gak merupakan surat yang dapat mendukung kelancaran dari suatu bisnis. Dengan bisnis yang lancar, maka keuntungan yang datang akan semakin besar untuk perusahaan.

Related Posts