Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Yang Baik dan Benar

Memiliki suatu pekerjaan yang baik dan juga menjanjikan tentu menjadi salah satu impian banyak orang. Mencari pekerjaan di zaman yang serba sulit ini juga membuat banyak orang berbondong – bondong mencari pekerjaan. 

Namun, kadangkala karena satu atau dua hal tertentu membuat seseorang ingin mrngundurkan diri, mulai karena alasan mendapatkan pekerjaan yang lebih menjanjikan di tempat lain, ingin mendirikan usaha, akan menikah, atau berbagai alasan – alasan lain nya. Hal tersebutlah yang memicu seseorang menuliskan surat pengunduran diri resign kerja yang kemudian diserahkan kepada pihak perusahaan. 

Di dalam penulisan surat pengunduran diri, anda harus mencantumkan alasan yang jelas dan pasti mengapa anda memilih untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang anda jalani. Sebagai bekas karyawan, anda juga harus memberikan permohonan maaf atas keputusan untuk berhenti bekerja sama dan juga mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan. Anda juga dapat menuliskan harapan mengenai perusahaan kedepan nya. 

Berikut adalah beberapa uraian contoh surat resign kerja yang baik dan benar sebagai bahan referensi anda. 


Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Yang Baik dan Benar I 


Yogyakarta, 6 Januari 2017
Yang terhormat,
Direktur Utama
PT. Oke
Jalan Mataram 008, Sleman, DIY



Dengan hormat,
Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang Kekaryawanan dan Undang-Undang Tenaga Kerja maka saya selaku karyawan PT. Oke yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Aprilia Handayani
Jabatan : Staff Administrasi
No. Karyawan : 012345
Alamat : Jalan Kebon Agung, Jombor, Sleman, DIY

Dengan ini bermaksud mengajukan pengunduran diri saya dari PT. Oke dengan alasan saya dan keluarga saya harus berpindah tempat tinggal di luar negeri. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada motivasi negatif dalam bentuk apapun. Saya berharap perusahaan dapat memahami dan memaklumi kondisi saya serta memberikan hak-hak saya sesuai ketentuan yang berlaku.
Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas kebijaksanaan dan kesempatan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih. 


Hormat saya, 




Aprilia Handayani 

Contoh Surat Pengunduran Diri Resign Kerja Yang Baik dan Benar II 


Yang terhormat,
HRD Manager
PT. Luar Biasa
Jalan Diponegoro, Pati
Jawa Tengah


Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Paijo bermaksud untuk mengundurkan diri dari posisi Asisten Kepala Bagian Produksi di PT. Luar Biasa terhitung sejak tanggal 7 Januari 2017. Saya mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Luar Biasa selama ini. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena saya mengalami masalah kesehatan yang tidak memungkinkan saya untuk terus melanjutkan pekerjaan saya di perusahaan ini.
Saya juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Luar Biasa apabila selama bekerja di sini saya telah banyak melakukan kesalahan baik yang saya sengaja maupun yang tidak disengaja.
Saya berharap PT. Luar Biasa semakin sukses dan terus berkembang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih. 


Pati, 6 Januari 2017
Hormat saya,



Paijo 




Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri resign kerja yang baik dan benar sebagai salah satu bahan referensi anda. Anda dapat menggunakan beberapa contoh di atas sebagai salah satu bahan panduan anda ketika hendak membuat surat pengunduran diri. Anda dapat mengganti beberapa bagian – bagian tertentu hingga sesuai dengan apa yang anda butuhkan.
Related Posts