Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Yang Baik dan Benar

Surat pribadi merupakan surat yang ditujukan untuk pihak tertentu secara personal. Surat pribadi ini berbeda dengan surat dinas atau pun surat resmi lain nya. Unsur – unsur di dalam surat tersebut juga berbeda, biasa nya dalam surat pribadi terdapat bagian – bagian yang terdiri dari bagian pendahuluan, bagian isi, lalu bagian penutup sebagai akhir nya. 

Sistematika dalam penulisan surat pribadi yaitu sebagai berikut : 

· Tanggal dan tempat surat dibuat 

· Alamat tujuan surat 

· Salam pembuka di awal surat 

· Pembuka surat 

· Isu surat pribadi 

· Penutup surat 

· Salam penutup, dan 

· Nama pengirim dan juga tanda tangan pengirim 

Selain sistematika tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat surat pribadi, misalnya cantumkan kota tempat anda menulis surat dan diletakkan di bagian kanan atas bersamaan dengan tanggal, bulan dan juga tahun nya. Karena surat pribadi, anda dapat menggunakan kata sapaan seperti misal nya hai, halo, dan lain nya. 

Berikut ini adalah contoh surat pribadi untuk kakak yang baik dan benar : 


Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Yang Baik dan Benar I 


Pati, 2 Januari 2018 


Untuk Mas Jaka 

Di Yunani 



Salam kangen, 

Gimana kabarmu di Yunani, Mas? Semoga selalu dalam lindungan-Nya. Alhamdulillah kami sekeluarga di sini baik-baik aja. Hanya saja setahun belakangan ini seperti ada yang kurang tanpa kehadiran Mas Jaka di rumah. Gimana dengan pendidikanmu di sana, Mas? Mama pingin tahu perkembangannya. 

Aku kirim surat ini juga untuk memberi kabar sama Mas, akhir tahun ini mama dan papa akan berangkat umroh. Pasti bakalan sepi banget rumahnya cuma ada aku, Dharma, dan mbok Jah. Liburan akhir tahun ini Mas bisa pulang kah? 

Oh ya, aku juga ingin minta pendapat Mas Jaka. Setelah lulus SMA nanti aku ingin kuliah di Jogja, menurut Mas gimana? Aku hanya sedikit bingung karena kalau aku kuliah di luar kota nantinya cuma ada mbok Jah dan Dharma yang menemani mama dan papa. Aku tunggu balasan suratmu, dan jangan lupa oleh-oleh dari Yunani pas pulang nanti. Hehehe… 


Adik tercantikmu, 




Nawang 


Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak Yang Baik dan Benar II


Yogyakarta, 2 Januari 2018 

Buat Kak Putri 

Di Malang 



Assalamu alaikum… 

Apa kabar, Kak? Semoga sehat selalu. Gak kerasa udah hampir 2 tahun kita gak pernah ketemu. Maklum karena Kakak pasti sibuk dengan pekerjaannya dan aku juga lagi sibuk sama kuliahku. Apalagi semester ini aku mulai ngerjain skripsi. Mohon doanya semoga cepat kelar dan bisa wisuda tahun ini. 

Oh ya, ayah dan ibu titip salam buat Kak Putri. Mereka udah mulai kangen berat sama cucunya di Malang. Liburan akhir tahun ini rencananya kami mau main ke Malang. Nanti ajak aku ke Bromo ya, Kak. Udah itu aja, sampai jumpa akhir tahun nanti. 

Wassalamu alaikum… 


Adikmu, 




Jasmine 





Demikian contoh surat pribadi untuk kakak yang baik dan benar. Contoh di atas dapat anda jadikan salah satu referensi dalam pembuatan surat anda. Surat pribadi ini bukanlah surat formal atau pun resmi, sehingga tidak membutuhkan kop atau pun nomor surat. Isi nya pun dapat anda sesuaikan dengan apa yang ingin anda sampaikan.
Related Posts