Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Yang Baik dan Benar

Surat pribadi merupakan surat yang ditujukan untuk pihak tertentu secara personal. Surat pribadi ini berbeda dengan surat dinas atau pun surat resmi lain nya. Unsur – unsur di dalam surat tersebut juga berbeda, biasa nya dalam surat pribadi terdapat bagian – bagian yang terdiri dari bagian pendahuluan, bagian isi, lalu bagian penutup sebagai akhir nya. 

Sistematika dalam penulisan surat pribadi yaitu sebagai berikut : 

· Tanggal dan tempat surat dibuat 

· Alamat tujuan surat 

· Salam pembuka di awal surat 

· Pembuka surat 

· Isu surat pribadi 

· Penutup surat 

· Salam penutup, dan 

· Nama pengirim dan juga tanda tangan pengirim 

Selain sistematika tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat surat pribadi, misalnya cantumkan kota tempat anda menulis surat dan diletakkan di bagian kanan atas bersamaan dengan tanggal, bulan dan juga tahun nya. Karena surat pribadi, anda dapat menggunakan kata sapaan seperti misal nya hai, halo, dan lain nya. 

Berikut ini adalah contoh surat pribadi untuk orang tua yang baik dan benar : 



Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Yang Baik dan Benar I 


Yogyakarta, 2 Januari 2018

Kepada

Mama dan Papa

Di Samarinda


Assalamualaikum wr. wb.

Mama Papa apa kabar? Semoga Mama, Papa, dan Nenek sehat selalu di sana. Alhamdulillah Nilam di sini baik-baik saja.

Ma, Pa, liburan semester ini Nilam tidak bisa pulang ke Samarinda. Nilam sedang ada Kerja Praktik (KP) selama 1 bulan di sebuah perusahaan. Dan satu hal lagi, jika Mama dan Papa ada rezeki, Nilam butuh kiriman uang bulan ini. Semoga Mama dan Papa maklum karena banyak hal yang harus Nilam urus selama Kerja Praktik ini.

Nilam janji pada Mama dan Papa akan belajar dengan rajin agar Nilam dapat nilai bagus dan bisa lulus tepat waktu. Nilam rindu pada semua keluarga di Samarinda. Sekian dulu surat dari Nilam, mohon doa restu dari Mama dan Papa semoga diberi kelancaran dalam melaksanakan KP.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Salam rindu dari ananda,




Nilam Sari 

Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua Yang Baik dan Benar II 

Santorini, 2 Januari 2018

Kepada

Ayah dan Ibu

Di Pati


Assalamu alaikum Ibu, Ayah…

Apa kabar Ibu dan Ayah di Pati? Aku harap selalu dalam naungan Allah. Kabarku di sini baik dan sehat.

Lewat surat ini aku punya kabar gembira untuk Ibu dan Ayah. Akhir tahun ini aku akan pulang ke Indonesia karena program pertukaran mahasiswaku telah selesai. Dan aku sangat merindukan segenap keluarga di sana. Aku akan bawakan beberapa oleh-oleh dari Yunani. Rasanya sudah tidak sabar ingin bertemu.

Sekian dulu surat dariku, sampai jumpa akhir tahun nanti.

Wassalamu alaikum…



Ananda,



Mujiono 




Demikian contoh surat pribadi untuk orang tua yang baik dan benar. Contoh di atas dapat anda jadikan salah satu referensi dalam pembuatan surat anda. Surat pribadi ini bukanlah surat formal atau pun resmi, sehingga tidak membutuhkan kop atau pun nomor surat. Isi nya pun dapat anda sesuaikan dengan apa yang ingin anda sampaikan.
Related Posts