Contoh Surat Perjanjian yang Baik dan Benar

Biasa nya saat kedua pihak melakukan suatu kesepakatan maka akan timbul surat perjanjian atas kesepakatan yang dibuat tersebut. Surat perjanjian ini memiliki nilai penting dalam suatu kesepakatan sebab dapat menjadi dasar hukum serta bukti kuat jika terjadi pelanggaran atau hal – hal lain yang tidak sesuai dengan kesepakatan sebelum nya. 

Pada dasar nya kesepakatan dapat terjadi dalam 2 jenis, yaitu dengan cara tertulis atau pun secara lisan. Anda bisa saja menyepakati sesuatu secara lisan, namun tidak ada kekuatan hukum yang sah yang mampu melindungi anda ketika hal – hal yang tidak diinginkan terjadi. Jika nanti terjadi sengketa atau selisih pendapat, salah satu pihak dapat memperkarakan hal tersebut. 

Bentuk surat nya pun layak nya surat resmi yang dilengkapi dengan materai dan pasal – pasal tertentu yang disepakati kedua belah pihak. Format nya terdiri dari identitas kedua pihak yang membuat perjanjian, isi perjanjian, dan hal – hal lain nya. 

Dibawah ini adalah beberapa contoh Surat Perjanjian Yang Baik dan Benar : 



Contoh Surat Perjanjian I 


SURAT PERJANJIAN KONTRAK RUMAH 

Kami yang bertanda tangan di bawah ini : 


Nama : --------------

NIK : --------------

Pekerjaan : --------------

Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai PIHAK PERTAMA. 


Nama : --------------

NIK : --------------

Pekerjaan : --------------

Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai PIHAK KEDUA. 

Dalam hal ini, PIHAK PERTAMA menyewakan/mengontrakkan rumah tinggal kepada PIHAK KEDUA dengan spesifikasi bangunan berdinding batu bata, atap genteng, lantai keramik, instalasi listrik, air PAM, dan sambungan telepon yang beralamat di Jalan Kebon Agung 10, Sleman, Yogyakarta. 

Sewa tersebut dilangsungkan dan diterima dengan harga Rp. 20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah) selama satu tahun. Terhitung mulai tanggal 17 Mei 2018 s/d 17 Mei 2019. Uang sewa telah dibayarkan secara tunai oleh PIHAK KEDUA kepada PIHAK PERTAMA. 

Dengan demikian PIHAK KEDUA sebagai pengontrak bersedia mematuhi hal-hal berikut : 

1. Rumah yang disewakan tidak dijaminkan atau digadaikan untuk pelunasan suatu hutang oleh PIHAK KEDUA. 

2. Rumah yang disewa tidak disewakan lagi kepada pihak lain. 

3. PIHAK KEDUA wajib memelihara dan memperbaiki kerusakan-kerusakan rumah yang disewa selama masa kontrak. 

4. Rumah tersebut disewakan sebagai rumah tinggal. Apabila di kemudian hari dipergunakan untuk hal-hal yang dapat menyalahi atau melanggar hukum, maka hal tersebut di luar tanggung jawab PIHAK PERTAMA. 

5. Tidak diperbolehkan menambah atau mengurangi bangunan tersebut kecuali ada kesepakatan atau persetujuan dari PIHAK PERTAMA. 

Demikian surat perjanjian ini dibuat dan disetujui oleh kedua pihak, yaitu PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA secara musyawarah dan mufakat serta tanpa adanya unsur paksaan atau intimidasi dalam bentuk apapun dan oleh pihak manapun. 

Surat perjanjian ini ditandatangani dalam rangkap 2 (dua), keduanya mempunyai kekuatan hukum yang sama. 

Yogyakarta, 17 Mei 2018. 

Pihak Pertama,                                                            Pihak Kedua, 


---------------                                                                 ---------------


Contoh Surat Perjanjian II 


SURAT PERJANJIAN JUAL BELI TANAH 

Yang bertanda tangan di bawah ini : 

Nama : --------------

NIK : --------------

Pekerjaan : --------------

Alamat : -----------------

Untuk selanjutnya disebut pihak ke I (penjual). 

Nama : --------------

NIK : --------------

Pekerjaan : --------------

Alamat : -----------------

Untuk selanjutnya disebut pihak ke II (pembeli) 

Pada tanggal 17 Mei 2018 pihak ke I. Telah menjual, lepas/mutlak sebidang tanah darat seluas 345 M2, berikut sebuah bangunan yang terletak diatas tanah tersebut kepada pihak ke II dengan harga tunai Rp. 44.000.000,- (empat puluh empat juta rupiah). Pembayaran dilakukan dihadapan saksi-saksi dengan tunai. 

Bangunan terdiri dari : 

1. Ukuran panjang dan lebar : 135 M2 

2. Atap : Asbes 

3. Dinding : Tembok 

4. Lantai : Keramik 

Maka, sejak tanggal 17 Mei 2018, Tanah bangunan tersebut di atas telah menjadi hak milik pihak ke II. Pada waktu pelaksanaan jual beli tanah tersebut baik pihak ke I (penjual) maupun pihak ke II (pembeli) juga saksi-saksi semuanya meyatakan satu sama lain dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani, dan segala sesuatu dengan itikad baik. 

Demikian, setelah keterangan isi jual beli ini dimengerti oleh pihak ke I dan pihak ke II, juga saksi-saksi, maka ditanda tanganilah sebagai permulaan saat pemindahan hak milik pihak ke I kepada pihak ke II. 

Jakarta, 17 Mei 2018. 

Pihak Pertama, 



------------------


Pihak Kedua, 


-----------------

Contoh Surat Perjanjian III 


CONTOH SURAT PERJANJIAN PEKERJAAN 

Kami yang bertanda tangan dibawah ini : 

Nama : --------------

NIK : --------------

Pekerjaan : --------------

Jabatan : -----------------


Dalam hal ini bertindak dan atas nama PT. NILO ABADI selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA. 

Nama : --------------

NIK : --------------

Pekerjaan : --------------

Jabatan : -----------------


Dalam hal ini bertindak dan atas nama diri sendiri yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA. 

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah melakukan kesepakatan perjanjian berupa PERJANJIAN KERJA dengan ketentuan sebagai berikut : 

Pasal 1
PIHAK PERTAMA akan memberikan pekerjaan kepada PIHAK KEDUA berupa penggarapan konstruksi baja sebuah gudang dengan ukuran 20 m2 x 18 m2. 

Pasal 2
PIHAK PERTAMA akan menyediakan semua matrial yang diperlukan untuk melakukan penggarapan konstruksi baja hingga selesai. 

Pasal 3
PIHAK PERTAMA akan memberikan upah kepada PIHAK KEDUA sebesar Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) dengan cara pembayaran dilakukan dalam dua tahap, yaitu : Pembayaran pertama dilakukan ketika progres pekerjaan sudah mencapai volume 30 %, dan pembayaran kedua akan dilakukan maksimal tiga hari setelah pekerjaan selesai. 

Pasal 4
PIHAK PERTAMA berhak untuk tidak melakukan pembayaran kepada PIHAK KEDUA apabila PIHAK KEDUA tidak menyelesaikan penggarapan konstruksi baja ruangan berukuran 20 m2 x 18 m2 hingga selesai. 

Demikian surat perjanjian ini kami buat tanpa ada paksaaan dari pihak manapun dan atas keinginan kedua belah pihak sendiri. 

Pekalongan, 17 Mei 2018 

Pihak Pertama, 



----------------

Pihak Kedua, 



----------------



Demikian beberapa contoh surat perjanjian yang baik dan benar yang bisa kami berikan sebagai referensi anda ketika hendak membuat perjanjian dengan pihak lain. Anda bisa menggunakan beberapa contoh di atas sebagai panduan anda dalam membuat surat perjanjian dan mengubah format – format surat di atas sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat !!

0 Response to "Contoh Surat Perjanjian yang Baik dan Benar"

Posting Komentar